Tertawa Adalah Obat Terbaik, Ini Alasannya

Katanya, tertawa adalah obat terbaik. Tapi, apakah benar begitu? Well, Geng Sehat perlu tahu kalau ada banyak bukti jika tertawa bisa memberikan banyak hal untuk kita. Misalnya mengurangi rasa sakit dan memungkinkan kita untuk mentolerir ketidaknyaman, mengurangi kadar gula darah, meningkatkan toleransi glukosa untuk penderita diabetes dan nondiabetik.

Selain itu, tawa bisa meningkatkan kinerja seseorang, terutama jika pekerjaan Kamu bergantung pada kreativitas dan memecahkan masalah yang kompleks. Tertawa juga berperan sebagai perekat hubungan antara Kamu dan pasangan karena menyinkronkan otak pembicara dan pendengar sehingga mereka selaras secara emosional. Tertawa juga membangun iklim emosi positif antara dua orang. Bahkan, beberapa peneliti percaya jika fungsi utama tawa ialah menyatukan orang.

Tertawa Obat Terbaik

Istilah tertawa obat terbaik untuk berbagai kondisi bukan suatu hal yang tidak berdasar. Tertawa bisa membuat pembuluh darah Kamu berfungsi lebih baik sehingga aliran darah lebih lancar. Dengan kata lain, tertawa itu baik untuk jantung dan otak Kamu, dua organ yang membutuhkan aliran oksigen yang stabil dalam darah.

“Tertawa mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh. Seperti joging internal, bisa memberikan pijatan yang baik untuk semua organ internal dan juga mengencangkan otot perut,” kata dr. Gulshan Sethi, kepala bedah kardiotoraks di Tucson Medical Center and faculty di University of Arizona’s Center for Integrative Medicine, Amerika Serikat.

Nah, apakah Geng Sehat tahu kalau tertawa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit dan melindungi kita dari efek stress? Well, tidak ada satu pun obat yang bekerja lebih cepat atau diandalkan untuk mengembalikan pikiran dan tubuh, kecuali tertawa.

Humor bisa meringankan beban hidup, memberi harapan, membuat Kamu lebih fokus dan waspada. Juga, bisa membantu Kamu melepaskan kemarahan dan memaafkan lebih cepat. Yang lebih menyenangkan ialah, tertawa itu gratis. Jadi, Kamu enggak pusing dengan uang untuk berobat. Dengan tertawa, Kamu bisa meningkatkan kesehatan emosi, lebih bahagia dan panjang umur.

Tertawa Obat Terbaik untuk Kesehatan Mental

Bagaimana pun, tertawa membuat Kamu merasa baik. Perasaan positif ini akan tetap di sana walaupun Kamu sudah tidak lagi tertawa. Humor membantu Kamu tetap positif dan optimis saat melalui situasi sulit, kecewa, kesedihan, dan kehilangan.

Tawa memberi Kamu keberanian dan kekuatan untuk menemukan impian dan harapan baru. Di saat paling sulit pun, tawa bisa membuat Kamu merasa lebih baik. Dan, tawa benar-benar menular. Hanya dengan mendengar tawa, otak Kamu jadi bersemangat dan siap untuk tersenyum serta bergembira.

Hubungan antara tawa dan kesehatan mental:

  • Tertawa menghentikan emosi menyedihkan. Geng Sehat tidak akan merasa cemas, marah, atau sedih ketika tertawa.
  • Tertawa membuat Kamu lebih santai. Ini berarti, tertawa bisa mengurasi stres dan meningkatkan energi tubuh, yang memungkinkan Kamu untuk tetap fokus.
  • Tawa mengubah sudut pandang dan cara berpikir Kamu jadi lebih realistis. Bisa membuat Kamu menghindari konflik.
  • Tertawa bisa membuat Geng sehat lebih dekat dengan orang lain, yang beakibat pada kesehatan mental dan emosional Kamu.

Cara Mendatangkan Lebih Banyak Tawa dalam Hidup

Tertawa mungkin terlihat gampang, namun susah-susah gampang untuk dilakukan. Tapi, Geng Sehat enggak usah khawatir karena Kamu bisa memulainya dengan meluangkan waktu khusus untuk mencari humor dan tawa, misalnya dengan berolahraga.

Ketika melihat sesuatu saat olahraga, ada banyak hal yang bisa membuat Kamu tersenyum atau tertawa. Hingga akhirnya, Kamu akan tertawa secara alami dalam segala hal.

Berikut ini beberapa cara untuk memulainya:

  • Tersenyum merupakan awal dari tawa. Ketika Kamu melihat seseorang atau sesuatu yang menyenangkan, cobalah tersenyum. Alih-alih bermain handphone, pandang dan tersenyumlah pada orang-orang yang Kamu lewati atau ketika bertemu rekan kerja di lorong kantor.
  • Setiap hari, doktrin diri sendiri untuk tersenyum dan tertawa. Jauhkan pikiran negatif yang menghalangi humor dan tawa. Saat lagi sedih, berarti Kamu harus berusaha lebih keras untuk tertawa dan tersenyum.
  • Saat mendengar seseorang tertawa, jangan ragu untuk bergabung. Biasanya, sekelompok orang tertawa karena salah satu di antara mereka ada yang membuat humor. Tidak usah malu untuk bergabung dan mencari tahu apa yang lucu.
  • Habiskan waktu bersama orang-orang yang lucu dan menyenangkan. Mereka adalah orang-orang yang bisa tertawa dengan mudah, entah itu menertawakan diri sendiri atau hidup. Yang jelas, mereka rutin menemukan humor dalam segala peristiwa setiap harinya. Nah, sudut pandang mereka akan menular. Bahkan, jika Kamu tidak menganggap diri sendiri sebagai orang yang periang dan lucu, akan dengan mudah tertawa jika berada di sekitar mereka.
  • Bawa humur ke dalam percakapan. Jangan sungkan untuk bertanya pada rekan kerja di kantor, hal terlucu yang terjadi pada mereka di akhir pekan atau hidupnya.

 

Sumber : Guesehat.com

× Booking Chat Me